Ini 5 Keuntungan Menjadi Peserta UMKM Virtual Expo 2021

Umkmexpo.com, SOLO — Penyelenggaraan UMKM Virtual Expo 2021 menawarkan sejumlah keuntungan kepada peserta.

Lewat event yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo dengan Solopos ini, peserta yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Soloraya, setidaknya akan mendapat lima keuntungan.

Direktur Bisnis Solopos Group, Suwarmin, menjelaskan UMKM Virtual Expo 2021 menawarkan fasilitas pelatihan sekaligus pendampingan untuk berjualan online bagi peserta.

“Lewat berbagai fasilitas tersebut, 50 UMKM peserta akan mendapat cukup bekal untuk selanjutnya berjualan online secara mandiri,” ujar dia di Solo, Rabu (3/3/2021).

Lantas, apa saja lima keuntungan menjadi peserta UMKM Virtual Expo 2021? Pertama, UMKM peserta mendapatkan paket promosi. Promosi berbasis online ini di antaranya dilakukan melalui website umkmexpo.com.

Kedua, peserta memperoleh pelatihan dari narasumber berkompeten di bidangnya. Sejumlah narasumber akan memberikan pelatihan secara virtual, antara lain dari Bank Indonesia Solo, perbankan, perusahaan ekspedisi, e-commerce, hingga fotografer produk.

Permodalan Perbankan

Keuntungan berikutnya, peserta akan difasilitasi akses permodalan ke perbankan. Dengan dukungan modal, tentu akan membantu UMKM meningkatkan kapasitas bisnis mereka.

Keempat, ada pendampingan dari BI Solo dan marketplace untuk meningkatkan penjualan produk secara online. “UMKM peserta akan didampingi langsung oleh marketplace, jadi jangan ragu untuk mendaftar karena ini sangat bermanfaat,” imbuh Suwarmin.

Baca juga: Hai UMKM Soloraya, Begini Syarat dan Cara Daftar UMKM Virtual Expo 2021

Sementara itu, keuntungan kelima, ada suvenir dan uang pembinaan bagi pemenang UMKM Virtual Expo 2021.

Berbagai keuntungan menjadi peserta UMKM Virtual Expo sudah dirasakan peserta ajang serupa pada 2020.

Dalam wawancara seusai gelaran pelatihan UMKM Virtual Expo 2020, salah satu pelaku UMKM Soloraya, Idha Sulistyowati, mengaku beruntung masuk 25 peserta kegiatan tersebut.

Menurut dia, banyak ilmu yang didapatkan dari event yang diselenggarakan BI Solo dan Solopos tersebut.
“Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan mengenai marketing. Materi yang diberikan dalam UMKM Virtual Expo membuat saya lebih paham tentang bisnis. Bahkan sudah saya terapkan, seperti mengelola Instagram dan pembukuan,” ujar Idha pemilik usaha Jewel Ethnic Wear ini.

Peserta UMKM Virtual Expo 2020 lainnya, Anna Nur Istiqomah, pemilik Rumah Rajut Cinta mengaku sangat terkesan dengan kegiatan tersebut.

“Selama mengikuti kegiatan ini saya banyak menerima informasi, motivasi, tentu saja teman-teman pelaku UMKM,” ujar Anna.

KPw BI solo memang memberikan dukungan luar biasa untuk UMKM. Acara ini merupakan bagian road to Kenduren UMKM. Kenduren UMKM adalah salah satu strategi dan upaya pengembangan UMKM agar memiliki daya saing dan bisa menjadi salah satu sumber pertumbuhan baru untuk mendukung momentum pemulihan dan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.


No Comments
Leave a Comment