Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Umkmexpo.com, SOLO– Review pembeli sangat menentukan performa toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia. Untuk itu seller harus menjaga dan meningkatkan performa toko online agar terus mendapatkan review yang bagus dari pembeli.

“Di Tokopedia review pembeli ditunjukkan dengan parameter bintang dari satu hingga lima. Pembeli biasanya akan memilih toko dengan bintang 4 ke atas. Toko dengan bintang di bawah itu, biasanya akan jarang dijamah pembeli,” ujar Senior Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Nursida Yaru dalam UMKM Virtual Expo sesi ke-11, dengan tema Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran yang Tersedia di Tokopedia untuk Meningkatkan Performa Tokomu, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Ida itu menjelaskan untuk mendapatkan review yang bagus dari pembeli, seller harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan seller membalas chat pembeli dengan cepat, mengirimkan barang sesuai pesanan, menjaga kualitas barang, teliti dalam mengecek pesanan, mengemas pesanan dengan baik, hingga memberikan promo.

Dalam kegiatan yang diprakarsai Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Solo itu dan Solopos itu Ida menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan baik kepada pembeli tersebut seller bisa memanfaatkan fitur-fitur pemasaran di Tokopedia.

Ida menjelaskan tiga fitur di Tokopedia yang bisa dipakai seller untuk meningkatkan performa toko online. Fitur pertama adalah fitur bebas ongkir sepuasnya. Fitur ini menyediakan bebas ongkir hingga Rp20.000 untuk pembeli dalam pulau yang sama dan bebas ongkir hingga Rp40.000 untuk pembeli antarpulau.

Flash Sale

Fitur kedua adalah Fitur Dekorasi Toko, yang memfasilitasi seller untuk menampilkan promo dan produk andalan agar mudah dipilih. Selanjutnya ada fitur voucher toko untuk memberikan cash back atau gratis ongkir sesuai anggaran.

“Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut, sebelumnya seller harus menjadi power merchant. Cara menjadi power merchant, seller cukup melakukan verikasi akun dengan kartu identitas seperti KTP dan melakukan foto selfie,” jelas Ida.

Fitur dekorasi toko itu penting meningkatkan performa toko di Tokopedia karena memilih sejumlah manfaat. Fitur ini bisa digunakan untuk memperindah tampilan halaman toko online dengan menggunakan banner, gambar, video, dan voucher toko.

“Dengan dekorasi toko akan membuat tampilan toko lebih menarik dan beda dengan toko lain. Pembeli juga akan lebih tertarik dengan melihat promo dan produk unggulan terkini. Selain itu, dengan dekorasi akan membuat kesan toko menjadi lebih istimewa dan mudah diingat pembeli,” jelas Nursida.

Selain itu, Nursida juga menjelaskan sejumlah manfaat voucher toko yang bisa dibuat sesuai budget yang dimiliki seller. Voucher toko memiliki sejumlah keuntungan antara lain seller dapat memilih promo yang sesuai profil mereka dan dapat dipasang sesuai target pembeli. Seller juga dapat mengatur jumlah budget dan waktu promosinya sendiri. Seller juga bisa men-download voucher dan membagikannya melalui media sosial.

Pada kesempatan itu Ida juga menjawab pertanyaan peserta yang menanyakan cara-cara untuk ikut flash sale di Tokopedia.

“Untuk ikutan flash sale memang dipilih dari tim Tokopedia, biasanya kami juga melihat performa toko yang penjualan bagus, selalu aktif, sudah power merchant, produknya ready dan packaging harus aman,” ujar Ida.

Nursida juga memberikan tips dan cara agar seller pemula bisa terus semangat dan berkembang antara lain dengan memanfaatkan pusat edukasi seller tokopedia. Selain itu seller juga bisa bergabung dengan komunitas Keluarga Tokopedia di Facebook.

“Untuk sukses berjualan di Tokopedia yang penting terus belajar dan jangan mudah patah semangat,” ujar Ida.


No Comments
Leave a Comment