Produk Kerajinan Karya Perempuan Sukoharjo ini Tembus Pasar Belanda dan Thailand

Umkmexpo.com, SOLO — Berawal dari hobi memadupadankan busana, Eniek Eka Yuniarti, 37, merintis usaha kerajinan tangan (handmade) berbagai produk aksesori untuk perempuan dengan brand Enock Craft Hand Made Accesories pada Juli 2018.

Produk kerajinan tangan karya Eniek seperti kalung, gelang, bros, anting, hiasan kepala, kalung masker, dan konektor masker. Berbagai produk buatan Eniek menggunakan dengan bahan-bahan kualitas premium.

Saat diwawancarai  Solopos.com melalui ponsel, Selasa (24/8/2021), ia menjelaskan usahanya hanya melayani pembelian secara online. “Berbagai produk kami bisa dilihat di media sosial Instagram, Youtube, Facebook, dan Tik Tok dengan nama Enock Craft. Semua ada di situ,” ujarnya.

Warga Perumahan Permata Purbayan 2 Kavling 46 Purbayan, Baki, Sukoharjo, itu mengatakan produk kerajinan tangan buatan Enock Craft Hand Made mempunyai keunggulan. Yakni customize, unik, handmade, menggunakan bahan-bahan premium, serta ada layanan fashion styles.

“Value produk kami customize, unik, handmade sehingga lebih awet, memakai bahan-bahan premium, serta ada fashion styles yang bisa sesuai bujet dan lain-lain. Jadi ada sesi konsultasinya. Kami biasanya desain dulu, sebelum luncurkan produk,” katanya.

Kain Wastra Nusantara

Sejumlah bahan kerajinan tangan yang digunakan Eniek seperti kain wastra nusantara yang kental nuansa etnis, aneka jenis bebatuan dan mutiara. Eniek ingin mengenalkan budaya bangsa melalui produk-produk aksesori dengan bahan kain wastra Nusantara.

Ia juga ingin bangsa ini semakin mencintai dan menggunakan produk lokal Tanah Air melalui berbagai aksesori produk kerajinan Enock Craft Hand Made. “Ketiga kami ingin mempercantik wanita Indonesia. Tagline kami serasikan busana anda dengan menggunakan produk aksesori Enock Craft,” urainya.

Setelah empat tahun berjuang, kini Eniek sudah mempunyai dua karyawan yang membantunya. Berbagai produknya juga sudah mulai menembus pasar ekspor di Belanda dan Thailand. Walau ia mengakui porsi ekspor Enock Craft masih dalam porsi minimalis.

Produk Dibuat Sesuai Karakter dan Acara

“Berdasarkan riset diketahui ternyata perempuan itu tidak ingin aksesorinya dikembari. Makanya kami buat produk customize, bisa dibuat sesuai dengan karakter dan acaranya. Produk kami juga selalu dibuat limited edition atau jumlah terbatas,” terangnya.

Poin lain riset, menurut Eniek, perempuan ingin tampil cantik dengan busananya bukan semata untuk menarik laki-laki. Tapi ada motif wanita tampil cantik agar lebih menarik dari wanita lain. Dua poin tersebut mendasari berbagai produk kerajinan dari Enock Craft Hand Made.

“Kami juga berkomitmen untuk membantu wanita-wanita Indonesia agar bisa membuka lahan pekerjaan bagi wanita lainnya. Kami sudah secara rutin menggelar workshop keterampilan atau kerajinan tangan bagi wanita-wanita Indonesia,” sambung peserta UMKM Expo 2021 yang digelar Solopos Media Group bersama Bank Indonesia itu.

Eniek mengaku mengikuti UMKM Expo 2021 agar Enock Craft lebih banyak dikenal dan dicintai masyarakat. Selain itu agar Enock Craft bisa go international dan ekspor, serta meningkatkan traffic penjualan.


No Comments
Leave a Comment